Sunday, 24 January 2021

Google telah menghapus ekstensi Chrome yang berbahaya ini

 


Google telah menghapus ekstensi Chrome yang berbahaya ini

Raksasa pencarian internet Google telah menghapus tiga eksentasi Chrome dari web-nya. Ini sebagai tanggapan terhadap temuan pencipta tanggapan temuan pencipta Adblock Plus Wladimir Palant bahwa ekstensi seperti Avast dan AVG mengumpulkan data pengguna yang “melebihi apa yang dianggap perlu atau sesuai bahkan untuk ekstensi keamanan.”

Meskipun penilitian ini juga mengatakan hal yang sama tentang ekstensi browser AVG Online Security, namun ekstensi tersebut masih ada di toko web chrome. Google belum mengeluarkan pernyataan apa pun tentang masalah ini sampai sekarang.

Penilitian ini menemukan bahwa ketika ekstensi keamanan online Avast aktif, ia akan meminta informasi tentang situs web yang telah dikunjungi dan bersamaan dengan itu, ia juga akan “mengirimkan data yang memungkinkan merekonstruksi seluruh riwayat penelusuran web Anda.”

Di antara hal-hal yang sedang dalam proses pelacakan, penilitan menemukan bahwa “berapa banyak tab yang Anda buka, situs web apa yang Anda kunjungi dan kapan, berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk membaca / menonton konten, apa yang Anda klik di sana dan kapan apakah Anda beralih ke tab lain.”

Ekstensi tersebut juga tersedia di peramban internet lain termasuk Opera dan Mozilla Firefox, yang keduanya telah dihapus.

Menjelaskan bagaimana pengumpulan Dara ini bukanlah suatu pengawasan, Palant berkata, “perluasan berupaya mengumpulkan sebanyak mungkin data konteks, dan melakukannya dengan sengaja. Kebijakan privasi Avast menunjukkan bahwa Avast mengetahui implikasi privasi di sini. Namun, mereka tidak memberikan kebijakan penyimpanan yang jelas untuk data ini. Mereka lebih suka mempertahankan data selamanya, merasa bahwa mereka dapat melakukan apa saja selama data tersebut dianonimkan.”


No comments:

Post a comment