8 Pekerjaan Yang Akan Di Ganti Oleh Robot


Ingin tahu apakah Kalian masih akan bisa melakukan pekerjaan Kalian dalam lima tahun ke depan? Kalian datang ke tempat yang tepat.
Dalam setengah dekade berikutnya, reset mengatakan enam persen pekerjaan di AS akan digantikan oleh mesin. Otomasi diatur untuk mempengaruhi tidak hanya manufaktur tetapi bahkan pekerjaan di industri hukum dan akuntansi juga loh.
Perkembangan zaman sangat pesat. Sekarang saja, Robot benar-benar banyak sudah mengambil alih, tetapi apakah Kalian akan menjadi salah satu dari jutaan yang terkena dampak invasi otomasi ini? Berikut adalah sepuluh pekerjaan biasa yang akan segera diganti robot.

1. Pekerja Industri Asuransi

Di Amerika Serikat, ada hampir 49.000 pekerja industri asuransi. Namun, dalam lima tahun, siapa sangak bahwa hanya ada sebagian kecil dari mereka yang tersisa? Jika Kalian lebih suka sentuhan manusia ketika mengatur asuransi Kalian, Kalian bisa dibiarkan tertinggal.
Di Jepang, sistem buatan sudah ada, menghilangkan kebutuhan akan manusia dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja sebanyak 30 persen. Dengan memasang mesin untuk menghitung pembayaran, perusahaan diatur untuk menghemat hampir 1,3 juta dolar AS per tahun. Nah, jadi perlu kita persiapkan.

2. teller bank

Ingat ketika bank dulu menjadi sarang lapangan pekerjaan, dengan orang-orang di mana-mana?
Sekarang, Kalian lebih cenderung melihat gulungan tumbleweed di lantai daripada ruangan yang penuh dengan orang. Automation melihat penemuan ATM, aplikasi smart phone, perbankan online, dan penutupan banyak cabang, semua itu di lakukan dengan mesin/robot. Sekarang, saya sudah hamper tidak pernah dating ke bank untuk proses transaksi(kecuali atm saya hilang hehe)
Hal ini sudah jauh bergeser dari kebiasaan sebelumnya dimana jika kita butuh apa-apa kita datang ke bank dan bertemu cs atau teller.
Dalam lima tahun ke depan, ada prediksi bahwa AI akan dapat mengatur setiap bagian dari pinjaman Kalian dan menangani hingga 90 persen masalah terkait perbankan.

3. Pemasangan bata

Jika Kalian ingin masuk ke industri Pemasangan Batu Bata, maka Kalian mungkin ingin berpikir lagi.
Sementara manusia bisa meletakkan hingga 500 batu bata dengan tangan per hari, rekan robot Kalian bisa tiga kali lipat dari itu. Akibatnya, ada ancaman nyata bahwa kontraktor akan membutuhkan dua orang lebih sedikit untuk setiap pekerjaan.

4. Petani

Ini mungkin tampak seperti konsep yang aneh, tetapi hari-hari Kalian di pertanian mungkin akan segera berakhir jika AI berhasil mengotomasi semua proses nya. Dalam beberapa tahun terakhir, ada langkah kuat menuju sistem pemerah susu sapi otomatis, tapi itu baru permulaan.
Sekarang ada mesin yang bisa menarik selada, memetik apel, menyiangi kebun, dan mengurus tugas yang menghabiskan waktu.
Sebelum Kalian menyadarinya, akan ada mesin untuk menangani segala macam tugas pertanian yang akan membuat Kalian berkeliaran di sekitar padang tanpa melakukan apa-apa.

Baca Juga: Pekerjaan Online di Bayar Tanpa Modal

5. Sopir Taksi

Meskipun Grab, Gojek atau Uber telah mendapatkan daya tarik dalam beberapa tahun terakhir, ada kemungkinan bahwa kita akan dijemput oleh mobil tanpa pengemudi dalam waktu dekat.
Sekarang di beberapa negara sudah mulai mengembangkan teknologi ini, dimana mobil sudah tidk membutuhkan pengemudi lagi.
Sudah ada sejumlah besar mobil otonom yang sudah jadi, jadi hanya masalah waktu.
Namun, manusia mungkin masih berguna untuk beberapa waktu kedepan - karena teknologi masih berkembang di bidang ini.

6. Jurnalis

Industri jurnalisme Amerika Serikat telah menghapus seperlima jurnalisnya sejak tahun 2001 - dan ini belum berakhir. Jika Kalian berpikir tidak mungkin bagi AI untuk membuat artikel yang koheren, coba dipikirkan lagi. AI bisa melakukan lebih baik dari manusia di beberapa kasus. Jadi lebih baik bersiap-siap.
Associated Press, misalnya, menggunakan AI untuk menulis laporan pendapatan kuartalannya - sebanyak 3.000 di antaranya setiap tiga bulan.

7. Pekerja Pabrik

Dari semua industri yang terpukul dengan permulaan kecerdasan buatan  adalah industri manufaktur.
Robot berkembang pesat karena melibatkan sistem yang ketat, yang menjadikan mereka kandidat utama untuk menggantikan manusia di lini manufaktur.
Bahkan, pengambilalihan sudah terjadi. Pabrikan Xbox dan iPhone yang terkenal Foxconn mengganti 60.000 pekerjanya dengan robot pada tahun 2016. Kecuali Kalian memiliki peran mengawasi, atau Kalian dapat memperbaiki robot.

8. Akuntan

Sudah beberapa waktu sejak akuntansi, pajak, dan penganggaran bisnis membutuhkan tenaga kerja manual. Sekarang, program akuntansi berteknologi tinggi membuat proses keuangan Kalian lebih mudah dari sebelumnya.
Hal ini merupakan berita buruk bagi para akuntan
Ada lebih banyak lagi kedepan nya pekerjaan-pekerjaan yang akan di gantikan oleh robot atau AI di era industri 4.0 ini.

Baca Juga: Mamulai Bisnis Dropship

Kesimpulan

Mungkin agak dramatis untuk mengatakan "robot mengambil alih" tetapi dalam beberapa kasus, itu benar. Dalam profesi yang Kalian pikir akan membutuhkan kerja manual selamanya, robot melakukannya jauh lebih cepat dan lebih murah daripada sebelumnya.
Itu memang hal yang menakutkan, tetapi berapa lama Kalian berharap memiliki pekerjaan Kalian sebelum robot dapat melakukannya lebih baik daripada yang Kalian bisa? Hal yang bisa sekarang kalian lakukan adalah mengembangkan keterampilan Kalian dan masa depan karir Kalian untuk menghindari pengambilalihan robot.

0 Response to "8 Pekerjaan Yang Akan Di Ganti Oleh Robot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel