7 Tips Yang Wajib di Lakukan Dalam Mengembangkan Bisnis di Instagram


7 Tips Yang Wajib di Lakukan Dalam Mengembangkan Bisnis di Instagram.

Jejaring sosial terlalu populer untuk diabaikan. Itu ada di tangan pembeli Kalian - melalui telepon mereka - ke mana pun mereka pergi.

Kemajuan sosal media saat ini sungguh sebuah momentum yang sangat sayang jika di abaikan saja tanpa berbuat sesuatu(bisnis). Instagram adalah bagian dari kehidupan kita sekarang. Dan bagi banyak bisnis, ini sangat penting.

Kalian mungkin salah satu dari mereka. Yang berarti Kalian memerlukan strategi pemasaran Instagram, dan tentunya dengan cara yang benar.

Untuk kalian yang baru memulai atau sudah memulai namun masih bingung, kami mengumpulkan 8 tips ini untuk mendapatkan lebih banyak insight berbisnis di instagram. Baik Kalian baru atau telah menggunakan IG selama bertahun-tahun, Kalian akan menemukan banyak informasi berharga.

1. Pahami audiens Kalian

Ini penting, apa pun pemasaran yang Kalian buat. Kalian mungkin membuat konten Instagram paling indah di dunia, tetapi jika itu tidak menarik bagi pembeli target Kalian, apa gunanya?
Luangkan waktu untuk mencari tahu siapa audiens Kalian saat ini, dan pikirkan tentang siapa yang Kalian inginkan. Karena Kalian menggunakan Instagram untuk pemasaran yang artinya menarik orang, Kalian perlu mempertimbangkan apakah mereka adalah pembeli potensial, atau dapat membantu Kalian membangun bisnis kalian.
Jadi bagaimana Kalian bisa belajar lebih banyak tentang audiens Kalian? Bisa dong.
Gimana caranya?

Coba Instagram Insights!

Kami berbicara tentang Wawasan Facebook di pos sebelumnya. Facebook memiliki model yang sama dnegan Instagram, dan mereka telah memperkenalkan alat serupa untuk membantu pengguna jaringan gambar.

Alat ini menawarkan beberapa wawasan menarik (sesuai namanya) mengenai orang-orang yang mengikuti dan berinteraksi dengan akun Kalian. Ini termasuk:

• Tayangan: Berapa kali konten Kalian dilihat
• Jangkauan: Jumlah total akun unik yang melihat sepotong konten
• Klik situs web: Berapa banyak klik yang diterima tautan di profil bisnis Kalian
• Aktivitas pengikut: Seberapa sering pengikut Kalian ada di Instagram setiap hari
• Tampilan video: Seberapa sering konten video Kalian dilihat
• Menghemat: Berapa banyak orang yang menyimpan posting Kalian

Wawasan juga mencakup informasi demografis, sehingga Kalian dapat melihat dari mana pengikut Kalian berasal, usia mereka, dan jenis kelamin mereka.
Dengan ini, Kalian akan memiliki banyak informasi tentang audiens Instagram yang ada.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Iklan Facebook

2. Berinteraksi “dengan” mereka, bukan “pada” mereka

Ilmu marketing media sosial bukan ilmu untuk mengirim spam ke pengikut Kalian hanya dengan materi penjualan. Sangat penting untuk mencoba terlibat dengan pengikut sebanyak mungkin.
Karna apa? semakin banyak yang dibagikan dan dikomentari oleh pengguna pada konten Kalian, semakin mudah bagi pengguna baru untuk menemukannya. Algoritma Instagram memprioritaskan konten dengan keterlibatan yang lebih tinggi, dan memungkinkan post kalian tampil di feed calon pelanggan.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendorong interaksi.

Bagikan gambar mereka
Kalian bekerja keras untuk membangun pengikut Kalian, dan Kalian ingin membuatnya tetap ada. Itu berarti menunjukkan penghargaan ketika mereka memposting konten. Dan ketika Kalian membuktikan bahwa Kalian mendengarkan audiens Kalian dan menginginkan umpan balik mereka, Kalian membangun citra yang lebih baik untuk bisnis Kalian.

Konten buatan pengguna seperti ini adalah dukungan kuat untuk pembeli di masa depan. Ketika mereka melihat orang lain menyukai produk Kalian, mereka lebih cenderung membeli sendiri.
Catatan: Jangan takut untuk mengirim ulang gambar pengikut Kalian, dengan kredit. "Repost" menunjukkan bahwa Kalian mendengarkan, dan membantu mempromosikan sebagian audiens Kalian kepada orang lain. Mereka akan menghargai bantuan dan dapat terus membagikan produk Kalian dengan pengikut mereka di masa mendatang.

Adakan kontes/Give Away
Cara terbaik untuk mendapatkan interaksi dari audiens Kalian adalah memintanya. Dan salah satu cara paling sederhana untuk melakukan ini adalah dengan kontes & Give away. Orang-orang menyukai kesempatan untuk merespons dan sebuah hadiah yang bisa didapat dengan effort yang tidak banyak, dan sedikit persaingan yang sehat berlangsung lama.

Kontes Instagram yang mudah meliputi:
- “Caption this image”
- “Tag teman kalian..”
- "Bagikan ..."
- "Beri tahu kami bagaimana gambar ini bisa lebih baik"

Mintalah audiens Kalian untuk kreativitas mereka dan pastikan Kalian membagikan tanggapan terbaik.

Untuk melacak respons dengan mudah, pastikan Kalian menggunakan hashtag (#) unik untuk setiap post kompetisi.

3. Gunakan tagar yang relevan

Tagar membantu Kalian "mengatur dan mengelompokkan konten gambar dan video" untuk menemukan konten lebih mudah. Mereka adalah cara sederhana untuk menandai konten Kalian agar lebih mudah ditemukan orang lain.

Berikut adalah beberapa praktik terbaik tagar:
• Jangan berlebihan: lima tagar yang ditargetkan lebih baik hanya 25 tagar yang ditargetkan.
• Hindari tag yang terlalu sering digunakan: menambahkan #love atau #instagood sama baiknya dengan tidak berguna apa-apa bagi postingan Kalian.
• Jangan spam: jaga agar relevan dengan gambar.
Baca Juga: Cara sukses jualan Online Bagi Pemula

4. Tahu kapan memposting

Sebuah jajak pendapat terbaru menemukan bahwa waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah antara 7-9pm.

Kalian tidak bisa hanya mengandalkan beberapa jajak pendapat - audiens Kalian belum tentu terlibat ketika orang lain. Alih-alih, coba temukan waktu terbaik untuk memposting untuk audiens target Kalian, ketika Kalian tahu maka bisa dipastikan mereka memperhatikan post kalian.

Pada akhirnya, perlu sedikit riset untuk mencari tahu apa yang paling cocok untuk Kalian. Pantau pos Kalian - dan pesaing Kalian - untuk mencapai jadwal pengeposan yang optimal untuk akun Kalian.

5. Buat visual yang indah

Memposting konten hebat selalu penting untuk pemasaran media sosial. Inilah yang membuat mereka terlibat dengan merek Kalian, dan membuat mereka kembali lagi.

Menurut sebuah penelitian, 93% keputusan dalam proses pembelian didasarkan pada tampilan visual. Jadi gambar yang baik sangat penting.

Selain mengambil foto yang luar biasa, bagaimana Kalian bisa membuat konten Instagram Kalian lebih menarik?

- Pilih tema

Akun Instagram terbaik cenderung memiliki tema atau nada yang mendasarinya. Kalian membutuhkan sesuatu yang menginspirasi atau membangkitkan minat pengikut, lebih dari sekadar produk Kalian.

Coba lihat akun intsagram bisnis-bisnis professional. Mereka memiliki tema yang sangat unik. Mulai dari warna dasar, gaya postingan, efek foto, dan lain-lain. Semakin konsisten tema kalian maka semakain bagus.

Cobalah untuk menemukan tema dengan melihat referensi akun-akun yang memiliki niche yang sama denagn kalian.

- Ubah gaya dan subjek

Seperti yang telah kita diskusikan, Kalian tidak bisa hanya berbagi foto produk Kalian dan berharap orang-orang akan membeli. Pengikut Kalian akan dengan cepat dihapus, dan Kalian tidak mungkin menarik yang baru.

Alih-alih, Kalian ingin memvariasikan jenis konten yang Kalian bagikan, untuk membuat pengikut Kalian senang dan tertarik.

6. Tambahkan “Call to Action”

Panggilan untuk bertindak (CTA) memberi tahu pengguna apa yang Kalian ingin mereka lakukan.

Apakah Kalian ingin pengguna mengunduh konten, mengunjungi situs web Kalian, atau membeli, Maka informasi kontak harus jelas. CTA yang baik memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Di Instagram, ini bisa sedikit rumit. Karena hanya memungkinkan satu tautan di bio Kalian. Jadi Kalian tidak bisa memasukkan tautan ke keterangan gambar, komentar, atau gambar itu sendiri. Dan tanpa tautan, bagaimana Kalian bisa membuat CTA?

Pemasar yang pintar telah mengembangkan beberapa strategi:

- “Link di bio!”
Kita semua mungkin sudah sering melihat ini. Metode paling sederhana adalah memberi tahu mereka di mana mereka dapat menemukan lebih banyak info - tautan di bio Kalian:

- Kode promo
Kode promo sempurna karena Kalian dapat dengan mudah melacaknya. Setiap kali seseorang membeli dengan kode Instagram Kalian, Kalian tahu sumber penjualannya. Jadi, meskipun Kalian tidak dapat melacak tautannya dengan mudah, Kalian akan tetap tahu dari mana pembeli berasal.

7. IG Story

Jika Kalian pengguna Instagram, Kalian sudah tahu tentang fitur Stories yang berada di bagian atas feed pengikut dan memungkinkan mereka melihat beberapa posting berturut-turut dari pengguna yang sama.

Bagi marketera tau bisnis owner, ini adalah hadiah yang luar biasa. Kalian tidak perlu mencoba menyampaikan seluruh pesan Kalian dalam satu gambar, Kalian dapat merangkai beberapa gambar untuk menceritakan sebuah narasi.

Dan Kalian tidak perlu khawatir berusaha tampil lebih tinggi di umpan pengikut Kalian. Semua Cerita berada di bagian atas aplikasi, dan pengguna dapat menggulirnya untuk menemukan yang mereka sukai.

Berikut adalah beberapa tips untuk Strategi IG Story:
• Tawarkan sesuatu yang berbeda
• Fokus pada narasi

Jika Kalian cukup beruntung memiliki akun terverifikasi, Kalian bahkan dapat menambahkan tautan ke Cerita. Ini menghasilkan CTA yang bagus, di mana pengguna hanya perlu menggeseknya Jika Kalian cukup beruntung memiliki akun terverifikasi, Kalian bahkan dapat menambahkan tautan ke Cerita.

Baca Juga: Cara Kerja Sales Funnel Untuk bisnis Anda maju.

1 Response to "7 Tips Yang Wajib di Lakukan Dalam Mengembangkan Bisnis di Instagram"

  1. saya baru membangun memperbanyak follower namun semua tips di atas akan saya ingat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel