Perbedaan Dropship vs Reseller Yang Mana lebih baik? - SolusiOnline

Perbedaan Dropship vs Reseller Yang Mana lebih baik?



Perbedaan Dropship vs Reseller Yang Mana lebih baik?

Dalam dunia bisnis online, kita sering mendengar istilah Dropship dan Reseller.

Mungkin bagi sebagian orang, dua hal ini masih asing atau mungkin juga sudah ada yang tau tapi belum tau perbedaan nya.

Berikut beberapa perbedaan yang jelas antara kedua nya:

1. Timing Pengiriman dan Quality Control

Jika anda seorang dropship begitu ada yang order, anda akan langsung mengorder ke supplier. Jika anda seorang reseller, barang yang anda jual sudah ada di anda.

Yang menjadi problem seorang dropshiper adalah, apakah barang nya tersedia atau tidak? Jika ada, berapa lama proses pengiriman? Quality control nya bagaimana?

Namun untuk reseller, intin nya anda tau supli nya. Jumlah, jenis serta qualitas. Jika ada pembeli anda sudah bisa langsung mengirim barang yang di pesan oleh pembeli tersebut secara langsung. Disni kita bisa memastikan segala aspek sehingga kita bisa menjamin barang yang kita jual dalam kualitas terbaiknya.

Baca Juga: Cara memulai bisnis dropship

2. Modal

Jika anda reseller maka anda harus membeli dulu, dan bahkan anda bisa di minta untuk membeli dengan jumlah tertentu sehingga bisa dapat diskon yang akan berpengaruh ke margin penjualan anda.

Namun, jika anda menyetok barang sama artinya anda punya resiko. Apa resiko nya? Bagaimana jika barang tidak dibeli? Maka barang akan menumpuk.

Akan lebih berat jika barang yang memiliki masa simpan seperti makanan.

Jika dropshiper, anda tidak harus mengeluarkan modal dan bertaruh dengan resiko. Jika anda dropshiper, anda tidak membutuhkan modal besar karna anda hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli.

3. Keuntungan

Ada perbedaan dari segi keuntungan. Loh, bukan nya jika barang di beli sama-sama untung?

Bener, tapi begini, jika anda dropship, anda juga bersaing mengenai jumlah barang dengan dropshiper lain, karena bukan hanya anda satu-satunya dropshiper.

Kenapa? Karna supplier tidak mau ada resiko, jika anda tidak jualan maka mereka akan rugi, jadi mereka memiliki banyak dropship.

Anda seorang dropshiper anda punya maslah di bagian itu. Karena modal yang di keluarkan tidak banyak maka hasil yang di dapat juga sedikit.

Jika anda seorang reseller, keuntungan bisa kalian jaga. Mengenai quantity anda bisa setok barang sebanyak-banyaknya, jadi maksudnya, kalua barang nya hot, anda bisa stok sebanyak2 nya dan anda juga tidak bersaing dengan dropshiper lain, karna anda punya barangnya sendiri.

Hal ini sama artinya, semakin hot barang nya dan semakin banyak stok anda maka untung nya juga banyak.

Baca Juga: Cara sukses bisinis online

4. Tingkat Ketahanan Terhadap Resiko

Saya tidak tau anda setuju atau tidak, tapi biasa nya seorang reseller itu dia sudah lumayan sibuk dengan barangnya, karena dia harus simpen barang harus ada gudangnya dan pada saat ada yang beli dia harus pacikng dan kirim ke expedisi.

Beda dengan dropshiper yang memiliki waktu yang banyak, menurut saya seorang dropshiper tidak lebih kreatif? Kok bisa?

Memang dropship punya waktu lebih banyak, alasan nya kenapa? Karena dia tidak ambil resiko, lebih rendah daya usaha nya dan tidak mau mengluarkan modal dan mengambil resiko, sehingga dia hanya bermain aman saja.

Beda dengan seorang reseller yang harus berfikir keras, bagaimana barang yang dia stok harus habis terjual dengan banyaknya aktifitas nya. Sehinggan dia harus lebih kreatif.

Ini bebrapa pengalaman orang-orang yang saya dapat sehingga saya membagikan nya di sini.

Nah itu dia beberapa perbandingan mengenai dropship vs reseller.

Perbandingan di atas hanya analisa saya berdasarkan hasil prkatek yang saya lakukan.

Namun, untuk menjadi dropship atau reseller itu adalah sah-sah saja. Semuanya dapat di sesuaikan dengan keahlian, keadaan, dan kesukaan anda.

Jika pemula silahkan coba dropship dan jika ingin naik level dan memiliki resiko silahkan anda reseller. Oke selamat mencoba.

Baca Juga: Cara membuat iklan Facebook Lengkap



0 Response to "Perbedaan Dropship vs Reseller Yang Mana lebih baik?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel