6 Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Freelancer


6 Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Freelancer

Di era internet seperti sekarang ini, merupakan era dimana kita sangat mudah dalam mengahasilkan pundi-pundi uang secara online.

Bekerja hanya beberapa jam dengan jadwal yang tidak mengekang merupakan impian banyak orang.

Menjadi seorang freelancer merupakan salah satu pilihan yang ideal untuk memulai nya.

Berikut beberapa pertanyaan seputar freelance yang sering di tanyakan. Silahkan di simak kawan-kawan.

1. Apa itu freelancer?

Freelancer adalah sebutan untuk orang yang bekerja freelance atau pekerja lepas, kita bekerja tidak untuk stau perusaahaan atau satu instansi melainkan kita kerja sesuai dengan projek yang kita dapat pada saat itu.

Beda dengan karyawan perusahaan, dimana kita bekerja untuk suatu instansi atau perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Namun freelance, kita di kontrak dan bekerja sesuai durasi atau kontrak projek yang sudah di tentukan klaien.

Beberapa orang juga dalam waktu bersamaan bisa bekerja di perusahaan atau instansi, sehingga bisa dapat pendapatan tambahan dengan jam kerja yang ekstra juga.

Jadi kalau disimpulkan, kalau karayawan kita terikat dengan instansi dengan duraasi yang panjang. Sedangkan freelance tidak terikat dengan instansi apapun, dia hanya bekerja per Project dengan durasi yang telah di tentukan oleh klaien.

Baca Juga: Kerja online dibayar Tanpa Modal

2. Kerja nya ngapain sih?

Buat kalian jangan salah arti, mentang-mentang pekerja lepas maka berarti orang nya kerja serabutan. Mungkin dulu iya, namun sekarang diera internet ini, pekerja freelance sesuai dengan bidang yang kita suka dan kuasai.

Misalkan kita freelance di bidang design grafis maka kita fokus freelance di bidang itu. Sama dengan keahlian yang lain.

Mungkin ada beberapa yang ngerjain beberapa bidang sekaligus, namun lebih baik fokus di satu hal saja. Lebih baik fokus satu hal dan berkembang cepat daripada banyak namun tidak maju-maju.

3. Jam kerja nya kapan?

Jam kerja frelance itu terserah kita. Tidak ada jam pasti. Artinya di sesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Poin penting penting Project nya selesai sesuai deadline nya.

Kalau dulu, saya jaman kuliah saya lebih nyaman kerja di siang hari, karna saya kuliah malam. Dalam hal ini kembali ke kenyamanan teman-teman masing-masing.

4. Bayaran nya gimana?

Di freelance ada dua tipikal pembayaran:

-Harga tetap (Fixed Price): Disini kita sudah tau dari awal harga sebuah peroject yang sudah di tentukan oleh penyedia pekerjaan atau klaien.

-Tarif perjam(Hourly rate): nah ini biasanya disukai klien luar negeri. Perjam berapa? Ini di tentukan oleh teman-teman sendiri.

Misalkan pemula biasa nya 5-10 dólar per jam, nah kalau sudah naik level kita bisa menaikan tarif perjam kita.

Nanti akan di hitung perhari kita bekerja berapa jam. Misal, 1 jam rate kita 8 dolar dan sehari kita kerja 10 jam maka kita dapat 80 dólar di hari itu. Kemudian akan di akumulasi sampai pekerjaan selesai.

Suka jualan? Baca ini: Dropship vs Reseller yang mana lebih bagus?


5. Nyari projek gimana?

Dalam hal ini ada banyak cara nya. Tapi yang paling recomended coba daftar di daftar di situs freelancer seperti upwork.com, freelance.com, fiverr.com. Beberapa situs freelance tadi merupakan situs global, dimana semua orang di seluruh dunia bisa mengakses dan pastinya menggunakan Bahasa Inggris.

Untuk anda yang suka main lokal, di Indonesia juga ada. Kalian bisa cek di; sribulancer.com, project.co.id.

Coba daftar di sana dan mulai melamar pekerjaan-pekerjaan yang di tawarkan oleh klaien. Tugas situs ini mempertemukan pekerja dan pemilik project. Pembayaran nya pun lebih aman juga karena menggunakan rekber di situs tersebut.

6. Apakah menjanjikan?

Jawaban nya “ Iya”. Jika kalian masih penasaran, kalian bisa cek di youtube beberapa fulltime freelancer yang sudah sukses seperti : Yoko bomb, Rio Purba, Mas Handoko (Handoko TV) dan banyak lagi.

Mereke berhasil menangkap peluang ini. Jadi kalian juga pasti bisa.

Jadi tunggu apa lagi, buruan daftar!!!

Mau mulai Bisnis Online Dropship? Baca Ini

1 Response to "6 Pertanyaan yang sering di tanyakan tentang Freelancer"

  1. I finally found great post here.I will get back here. I just added your blog to my bookmark sites. thanks.Quality posts is the crucial to invite the visitors to visit the web page, that's what this web page is providing. loungu asia

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel