Apa itu Analisis Big Data dan Manfaatnya? - SolusiOnline

Apa itu Analisis Big Data dan Manfaatnya?

Apa itu Analisis Big Data dan Manfaatnya?

Analisis Big Data adalah proses pengumpulan, pengorganisasian, dan analisis sejumlah besar data (disebut Big Data) untuk menemukan pola dan informasi berguna lainnya. Analitik Big Data dapat membantu organisasi untuk lebih memahami informasi yang terkandung dalam data dan juga akan membantu mengidentifikasi data yang paling penting bagi bisnis dan keputusan bisnis masa depan. Analis yang bekerja dengan Big Data biasanya menginginkan pengetahuan yang berasal dari menganalisis data.

Diperlukan Analisis Kinerja Tinggi


Untuk menganalisis volume data yang begitu besar, analitik Big Data biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat dan aplikasi perangkat lunak khusus untuk analitik prediktif, penambangan data, penambangan teks, perkiraan dan optimisasi data. Secara kolektif proses ini adalah fungsi analitik kinerja tinggi yang terpisah tetapi sangat terintegrasi. Menggunakan perangkat Big Data dan perangkat lunak memungkinkan organisasi untuk memproses volume data yang sangat besar yang dikumpulkan oleh suatu bisnis untuk menentukan data mana yang relevan dan dapat dianalisis untuk mendorong keputusan bisnis yang lebih baik di masa depan.

Baca Juga: Trend Digital Marketing 2019

Tantangan


Bagi sebagian besar organisasi, analisis Big Data adalah sebuah tantangan. Pertimbangkan volume data semata-mata dan berbagai format data (baik data terstruktur maupun tidak terstruktur) yang dikumpulkan di seluruh organisasi dan berbagai cara berbagai jenis data dapat digabungkan, dikontraskan, dan dianalisis untuk menemukan pola dan bisnis bermanfaat lainnya. informasi.
Tantangan pertama adalah memecah silo data untuk mengakses semua data yang disimpan organisasi di tempat yang berbeda dan seringkali di sistem yang berbeda. Tantangan kedua adalah menciptakan platform yang dapat menarik data yang tidak terstruktur semudah data terstruktur. Volume data yang besar ini biasanya sangat besar sehingga sulit untuk diproses menggunakan basis data dan metode perangkat lunak tradisional.

Bagaimana Big Data Analytics Digunakan Hari Ini


Karena teknologi yang membantu organisasi memecah silo data dan menganalisis data meningkat, bisnis dapat ditransformasikan dalam segala cara. Kemajuan hari ini dalam menganalisis data memungkinkan para peneliti untuk memecahkan kode DNA manusia dalam hitungan menit, memprediksi di mana teroris berencana untuk menyerang, menentukan gen mana yang paling mungkin bertanggung jawab atas penyakit tertentu dan, tentu saja, iklan mana yang paling mungkin Anda tanggapi di Facebook.

Contoh lain datang dari salah satu operator seluler terbesar di dunia. Orange Prancis meluncurkan proyek Data for Development-nya dengan merilis data pelanggan untuk pelanggan di Pantai Gading. 2,5 miliar catatan, yang dibuat anonim, termasuk perincian tentang panggilan dan pesan teks yang dipertukarkan antara 5 juta pengguna. Para peneliti mengakses data dan mengirim proposal Oranye untuk bagaimana data dapat berfungsi sebagai dasar bagi proyek-proyek pembangunan untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Proyek yang diusulkan termasuk yang menunjukkan cara meningkatkan keselamatan publik dengan melacak data ponsel untuk memetakan ke mana orang-orang pergi setelah keadaan darurat; lain menunjukkan bagaimana menggunakan data seluler untuk penahanan penyakit.

Baca Juga : Jenis-jenis Iklan Facebook Ads

Manfaat Analisis Big Data


Perusahaan semakin mencari untuk menemukan wawasan yang dapat ditindaklanjuti ke dalam data mereka. Banyak proyek big data berasal dari kebutuhan untuk menjawab pertanyaan bisnis tertentu. Dengan platform analitik data besar yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan penjualan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan operasi, layanan pelanggan, dan manajemen risiko.
Perusahaan induk Webopedia, QuinStreet, mensurvei 540 pengambil keputusan perusahaan yang terlibat dalam pembelian data besar untuk mengetahui area bisnis mana yang direncanakan perusahaan untuk menggunakan analisis Big Data untuk meningkatkan operasi. Sekitar setengah dari semua responden mengatakan mereka menerapkan analitik data besar untuk meningkatkan retensi pelanggan, membantu pengembangan produk dan mendapatkan keunggulan kompetitif.
Khususnya, area bisnis yang paling mendapatkan perhatian berkaitan dengan peningkatan efisiensi dan optimalisasi operasi. Secara khusus, 62 persen responden mengatakan bahwa mereka menggunakan analitik data besar untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi kompleksitas.

0 Response to "Apa itu Analisis Big Data dan Manfaatnya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel