Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019 - SolusiOnline

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Cara embuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019.

Solusionline.id Jika teman teman baru di dunia Facebook Ads maka ini merupakan artikel yang cocok untuk teman teman pelajari. Di artikel ini saya akan membahas secara menyeluruh pembahasan tentang cara membuat iklan di Facebook lengkap update 2019.


Artikel kali ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi dan akan saya jabarkan langkah demi langkah dalam mempersiapkan iklan di facebook.

1. Persiapan

Di langkah pertama ini yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam pembuatan iklan Facebook ads.

1.1 Akun Facebook

Pastikan teman-teman sudah memiliki akun Facebook yang aktif untuk dipakai membuat halaman Facebook.

1.2 Membuat halaman Facebook

Untuk beriklan di Facebook kita perlu membuat satu halaman khusus yang kita gunakan untuk halaman dari produk yang akan kita jual.

1.3 Menyiapkan produk yang akan kita jual

Dalam menyiapkan produk yang kita jual, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan seperti foto produk, deskripsi produk, bannar halaman Facebook.


Setelah kita mempersiapkan beberapa hal di atas kita mulai merapikan halaman facebook yang kita buat dan melengkapi kontak serta informasi lain nya.

2. Mulai Beriklan

Dalam membuat iklan di facebook sesuai pengalaman saya ada dua jenis cara yang saya sebut Cara standard dan Cara Advance. Silahkan di sesuaikan dengan kebutuhan setelah membaca keseluruhan nya.

2.1 Cara Satandar

Sekarang buka halaman Facebook untuk jualan teman-teman yang sudah di persiapkan tadi, lalu perhatikan pojok kiri bawah di sana ada tulisan dengan border warna biru yang isinya "buat iklan" atau "create ad"

Klik tombol biru tersebut maka akan muncul tampilan seperti ini:
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019


Kemudian setelah itu kalian akan di tunjukkan beberapa pilihan jenis iklan. Kalian diminta untuk memilih berdasarkan tujuan dari iklan yang kalian buat.

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Silahkan sesuaikan dulu tujuan teman-teman sebelum memilih jenis iklan yang mana akan di gunakan. Berikut penjelasan nya:

a. Promosi postingan
Di sini tujuannya adalah untuk melihat interaksi target iklan kita yang artinya kita menjangkau banyak orang agara dapat berinteraksi dengan iklan yang kita buat.

b. Pesan 
Tujuan dari iklan ini adalah memicu komunikasi antara kita dengan pelanggan dengan cara memicu mereka untuk memulai komunikasi dengan kita melalui iklan yang kita buat.

c. Suka Halaman
Tujuan dari iklan jenis ini adalah untuk mengundang banyak orang agar menyukai halaman yang kita buat.

d. Pengunjung Situs Web
Merupakan salah satu iklan yang membantu bagi and yang memiliki situs web dan membutuhkan traffic yang banyak maka cara ini cukup effektif.

e. Prospek
Tujuan dari iklan ini adalah mengumpulkan informasi dari para calon pelanggan berupa email atau nomor handphone. Dengan demikian, data yang kita dapat bisa kita gunakan untuk mempromosikan produk-produk lain yg kita jual melalui email marketing atau whastapp marketing. Baca Juga : Keunggulan Email Marketing Untuk Bisnis Anda

2.1.1 Praktek Cara Standard

Kali ini kita akan belajar praktek langsung beriklan dengan cara standard ini dengan tujuan: Mempromosikan Postingan. 

Pertama hal yang harus di lakukan adalah memilih dengan mengklik "Promosikan Postingan". Lalu pilih postingan mana yang ingin teman teman promosikan.

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Pilih postingan yang ingin kalian iklan kan.
Ada beberapa elemen yang harus kalian perhatikan dan persiapkan sebelum mempromosikan postingan teman teman.

a. Ubah Menjadi Vidio
Di menu ini teman teman bisa mempercantik tampilan postingan dengan membuatnya menjadi animasi atau vidio. Kita bisa mengedit teks dan juga video animasi nya.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Ubah Menjadi Vidio


b. Tujuan
Ini adalah menu tujan untuk memilih tujuan iklan teman-teman. Apakah mendapat interaksi atau pesan.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Tujuan


c. Tombol kiriman
Di sini kita bisa menambahkan tombol kiriman di iklan yang kita buat. Beli sekarang, pesan sekarang, selengkapnya, daftar, kirim pesan, kirim whatshap. Ini merupakan menu Call to Action, dimana kita memberi kesempatan kepada pelanggan untuk dapat melakukan action selanjutnya di mana hal ini akan sangat membantu membuat bisnis kita laku. Silahkan pilih yang sesuai dengan bisnis teman-teman dan tujuan kalian.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Tombol Kiriman

Tips: Di menu ini memang optional, namun untuk membuat iklan teman2 lebih bagus pastikan untuk memberi atau mengaktifkan tombol ini sesuai dengan tujuan kalian.

d. Pemirsa
Di sini kita bisa melakukan Targeting terhadap calon pelanggan yang kita inginkan. Ada beberapa elemen yang harus kita tentukan untuk mendapat target audience yang tepat. Di antaranya adalah Lokasi, jenis kelamin, dan umur.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Pemirsa

Selain melakukan pemirsa khusus (custom audiance) yang tertarget kalian juga bisa menargetkan pemirsah berdasarkan orang yang menyukai halaman kalian dan juga orang yang menyukai halaman kalian beserta teman temannya.

Yang paling menarik adalah kita bisa membuat pemirsa khusus yang bisa kita sesuaikan dengan lokasi usia jenis kelamin dan juga minat orang yang ingin kita jangkau di dalam iklan kita.

Untuk membuat pemirsa khusus baru tinggal klik "Buat Pemirsa Baru"

e. Penempatan
Disini kita akan menentukan penempatan iklan secara otomatis. Saran: lebih baik nyalakan penempatan otomatis.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Penempatan

f. Anggaran dan Jadwal
Disini kalian bisa mengatur anggaran yang kalian keluarkan untuk beriklan. Kalian harus mengatur berapa anggaran perharinya, lalu kemudian kalian mengatur untuk berapa hari iklan itu akan di tayangkan. Sesuaikan dengan saldo yg kalian miliki.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Anggaran dan Jadwal
Silahkan diset sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan. Kalian bisa melihat estimasi jangkauan perhari nya langsung.

Semakin besar dana yg anda keluarkan dan semakin sedikit durasi maka akan memperoleh lebih banyak jangkauan per hari nya. Dan berlaku sebaliknya.

g. Melacak Konversi
Menu ini digunakan untuk melacak konversi dengan menggunakan kode piksel dan di tempelkan di situs web kita sehingga kita bisa melihat aktivitas situs web kita untuk bisa melakukan penargetan iklan. Menu ini bisa di aktifkan dan tidak. Jika kalian punya website atau landing page silahkan di aktifkan dan di tempel di sana.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Melacak Konversi



h.Pembayaran
Disini di tampilkan metode pembayaran yang kita gunakan yaitu saldo yg tersedia. Jika belum pernah melakukan deposit maka lakukan deposit dulu.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Pembayaran


Setelah selesai. Klik tombol "Promosikan" maka akan muncul tampilan ini.
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Peninjauan

Sekarang Iklan teman-teman sedang di lakukan peninjauan. Jika masih ada yang kurang lakukan "edit iklan". Proses peninjauan akan di proses selama kurang lebih 24 jam. Jika tidak ada masalah maka akan langsung di tayangkan.

Periksa kembali rangkuman iklan anda untuk menghindari terjadi kesalahan data. Lalu tutup.

2.2 Cara Advance

Untuk cara ini kita akan menggunakan facebook ads manager https://www.facebook.com/adsmanager/creation?

Mengapa cara ini saya sebut Advance karena kebanyakan yang sudah sering beriklan di facebook menggunakan cara ini karena ada banyak settingan yang bisa kita lakukan secara manual sedangankan di cara standard kita membuat nya dengan tampilan yang lebih simpel dan beberapa sudah otomatis di bantu facebook.

Lalu cara mana yang harus kalian gunakan? Semua nya bisa tinggal di sesuaikan saja teman-teman lebih suka yang mana. Baca dulu sampai selesai hehe suapay bisa memilih.

2.2.1 Praktek Cara Advance


Sebelum memulai, perhatikan struktur dari komponen-komponen yang ada dalam Facebook Ads Manger berikut:



Ini merupakan gambaran overview dari komponen iklan yang kita buat.

2.2.1.1 Kampanye/Campaign

Di dalam komponen ini merupakan tahap awal pembuatan iklan. Di sini kita harus menentukan tujuan dari iklan yang akan kita buat. Sama seperti yang kita lakukan di cara standard sebelumnya. Namun kali ini kita deberikan banyak pilihan secara spesifik. Kurang lebih ada sebelas tujuan yang bisa kita pilih dan dibagi dalam 3 kategori.

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019



a. Kesadaran

#Kesadaran merek (Untuk meningkatkan kesadaran atau awareness terhadap brand atau produk kalian)
#Jangkauan (Untuk menampilkan iklan yang kita buat ke banyak orang. Fungsi nya kurang lebih hampir sama dengan Kesadaran merek.)

b.Pertimbangan

#Lalulintas Kunjungan (Untuk meningkatkan trafik ke website kita)
#Intraksi (Mendapat lebih banyak interaksi ke iklan yang kita buat)
#Pemasangan Aplikasi (Untuk mempromosikan Aplikasi yang kita buat. Bagus untuk pembuat game atau aplikasi lain)
#Penayangan Vidio (Untuk mengajak orang-orang melihat video yang anda buat. Namun perhatikan, bukan berarti kalian bisa mempromosikan video-video dari youtube. Jika iya, iklan kalian tidak akan di tampilkan Facebook)
#Pembuatan Prospek( Mencari informasi dari calon pelanggan berupa email& No telepon)
#Pesan (Mengajak lebih banyak orang mengirimkan pesan kepada kalian)

c. Konversi

#Konversi( untuk melihat aktivitas di situs website kita)
#Penjualan Katalog (Untuk menjual varian barang kalian dalam satu iklan secara otomatis berdasarkan pemirsa tertarget kalian.)
#Kunjungan Toko (Untuk mendorong orang-orang yang ada di sekitar kalian untuk datang mengunjungi toko fisik kalian. Ini cocok untuk kalian yang jualan offline dan ada toko fisik.)

Kali ini kita akan membuat contoh dengan tujuan “Intraksi

Baerikut struktur nya:
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Struktur tujuan "Intraksi"



Di bagian kampanye  Klik "Interaksi"
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019


Scroll ke bawah, kemudian pilih tujuan spesifik dari interaksi yang kalian inginkan:
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Pilih Tujuan

-Intraksi kiriman (Untuk iklan berupa kiriman)
-Suka Halaman( Untuk iklan halaman dan mengajak orang menyukai halaman kita.)
-Tanggapan acara (Mencari feedback dari orang terhadap acara yang kita buat)

#Nama Kampanye
Kalian bisa mengganti nama kampanye sesuai dengan produk yang kalian jual dan agar lebih mudah dalam pengaturan nya.

#Buat Uji Split
Kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan pilihan ini. Tujuan dari Uji Split atau Split testing adalah untuk menguji yang manakah dari iklan kita yang bekerja secara maksimal dengan biaya yang sama rata.

Untuk pembedaan nya akan di buat beberapa variable dalam set iklan dimana semuanya bisa kalian bedakan dengan variable jenis pemirsa yang berbeda (Bisa umur, interest, foto produk dll).

Intinya buat beberapa variable iklan yang berbeda lalu kinerja dari iklan yang kita buat akan di ukur dan di dibandingkan untuk mengetahui iklan mana yang berhasil dan mana yang tidak. Sehingga yang paling bagus akan kita teruskan sebagai win campaign untuk kita fokuskan dari segi dana dan lain-lain, sedangkan yang hasilnya buruk kita stop.

#Pengoptimalan Anggaran
Dengan mengaktifkan ini kita dapat mendistribusikan anggaran kita secara optimal dengan cara mendistribusikan ke semua set iklan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Jika sudah kita set semua maka klik “Lanjutkan”


2.2.1.2 Set Iklan/Ad Set

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Set Iklan/ AdSet


a. Pemirsa

Pemirsa merupakan kumpulan orang yang kalian targetkan untuk iklan yang kalian lakukan. Di dalam menentukan pemirsa kita di beri beberapa parameter yang bisa kita lakukan filter sehingga bisa mendapat target yang tepat.

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Pemirsa


Diantaranya adalah :

#Pemirsa Khusus
Adalah pemirsa yang sudah pernah kalian simpan sebelumnya. Bisa juga berupa email list atau nomor telepon yang sudah kalian siapkan. Jika kalian baru ber iklan maka kosongkan saja bagian ini.

#Lokasi
Di sini kalian bisa menargetkan lokasi spesifik yang kalian inginkan bisa kota, daerah tertentu. Jadi kalian bisa menentukan kota atau daerah mana yang ingin kalian tuju dan sesuai untuk produk kalian.

#Umur
Masukan rentang umru kira-kira dari calon pelanggan kalian. Bisa kalian sesuaikan dengan produk yang kalaian jual.

#Jenis Kelamin
Pilih yang paling sesuai dengan produk kalian. Laki-laki, perempuan atau dua-duanya.

#Bahasa
Pilih bahasa yang kalian targetkan

#Penargetan Terperinci
Ini merupakan pilihan jika kalian ingin menargetkan secara lebih spesifik dan terperinci. Di sini kalian bisa menargetkan bedasarkan demografis, minat, atau bahkan prilaku.

Selain menargetkan, kalian juga bisa mengecualikan pemirsa loh. Kalian bisa memilih pemirsa tertentu untuk tidak melihat iklan kalian tentunya dengan filter yang sama yaitu demografis, minat, atau prilaku.
Jadi kebayang kan kalau misalkan kalian tidak ingin mantan kalian melihat iklan kalian tinggal di kecualikan saja berdasar demografis atau kota tempat dia tinggal hehe intermezoo.

#Koneksi
Disnini kalian bisa memilih pemirsa secara khusus yang terkoneksi dengan kalian melalui halaman facebook kalian, aplikasi, atau acara tertentu.

#Simpan Pemirsa
Setelah selesai, kalian bisa menyimpan pemirsa yang sudah kalian buat di atas untuk di jadikan pemirsa khusus.

b. Penempatan

Di penempatan ini cukup mudah. Kalian lebih baik memilih pempatan otomatis, biarkan facebook yang mengatur nya hehe.(saran saja)

Namun jika kalian ingin menentukan sendiri tempat iklan yang kalian buat maka kalian bisa mengeditnya dengan memilih “Edit Penempatan

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Edit Penmpatan


Lalu pilih dimana saja kalian mau iklan kalian di tempilkan.

d. Anggaran dan Jadwal

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Anggaran & Jadwal


#Anggaran
Disini kalian akan menentukan berapa anggaran yang ingin kalian keluarkan untuk iklan ini bisa di atur berdasarkan Harian atau Sepanjang masa promosi.
Tentunya ada plus minus nya.

Berdasarkan harian: Kalian akan mengeluarkan anggaran sejumlah yang kalian tentukan dalam satu hari. Jangkauan akan di sesuaikan dengan jumlah anggaran yang kalian tetukan. Dan jumlah anggaran yang di keluarkan perhari akan sebatas yang anda tentukan atau bahkan di bawah.

Sepanjang masa Promosi : Kalian akan menentukan Anggaran yang kalian keluarkan dalam rentang waktu promosi dan iklan kalian akan di maksimalkan oleh facebook tidak berdasarkan harian melainkan selama masa promosi kalian sehingga anggaran yang dikeluarkan perharinya tidak tentu.

#Jadwal
Disini kalian bisa memilih jadwal iklan kalian ditampilkan.

Anda bisa memilih terus menerus tanpa tanggal tertentu akan stop dengan memilih “Jalankan iklan set saya terus menerus”

Namun jika kalian ingin menetapkan taggal maka pilih  “Tetapkan tanggal mulai dan berakhir”

Note: Perhatikan saat menentukan anggaran dan jadwal pastikan kalian mendapat komposisi yang pas untuk mendapat hasil yang maksimal.

#Pengoptimalan Pengiriman Iklan
Disini kita meminta facebook untuk mengoptimalkan iklan kita terhadap pemirsa kita dengan impresi, Interaksi kiriman, atau Jangkauan unik harian. Silahkan pilih sesuai kebutuhan kita. Saya biasa nya Interaksi kiriman sesuai tujuan awal saya.

#Strategi Penawaran
Di bagian ini memang membutuhkan pemahaman yang cukup dalam. Saya akan coba menyederhanakan nya. (Namun jika masih bingung, silahkan komen maka akan saya buatkan artikel khusus)

Strategi penawaran merupak alat control anggaran yang kita keluarkan. Hampir mirip dengan #Anggaran di atas(baca saja kalau lupa). Namun, Strategi penawaran di sini berfungsi untuk kita menetapkan batas kepada facebook untuk penawaran yang di lakukan oleh facebook di lelang iklan. Hal ini juga merupakan salah satu hal yang akan menentukan iklan kita akan di tampilkan terus kepada pemirsa yang kita target kan.

Ada 2 hal lain sebenarnya yang mempengaruhi hal di atas, yaitu feedback dari iklan yg kita buat dan Kualitas dan relevansi.

Jika kita mendapat feedback buruk dari iklan yang kita buat serta relevansi nya buruk di tambah batas penawaran yang kita buat rendah, maka secara otomatis facebook tidak akan memaksimalkan tayangan iklan kita.

#Waktu Penagihan
Penagihan akan di lakukan pada saat ada penayangan maka otomatis anggaran akan di potong.

#Pendjawalan Iklan
Ini hanya tersedia ketika kalian ketika kita memilih anggaran sepanjang masa promosi.

#Jenis Penayangan
Biarkan standard saja.

Lalu klik "Lanjutkan".


2.2.1.3 Iklan/Ads

Kali ini kita masuk di bagian terakhir dari struktur Iklan di Facebook.

a. Identitas

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Identitas Iklan


#Halaman Facebook
Disini kalian memilih halaman facebook mana yang kalian pakai. Biasanya sudah terset dari awal dengan halaman yang kita pakai paling terakhir. Jika ternyata bukan halaman yang sekarang terdisplay, bisa di ganti dengan klik panah kebawah untuk melihat list halaman lain.

#Akun Instagram
Pilih akun yang sesuai dengan halaman kalian, jika tidak terhubung dengan instagram silahkan di kosongkan juga tidak apa-apa.


b. Materi Iklan

Pilih materi iklan kalian. Bisa berupa post dari halaman kalian. Postingan tadi bisa kalian edit lagi untuk mempercantik.

Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Materi Iklan


Kalian bisa melihat preview nya di bagian sebelah kanan.

Jika sudah sesuai langsung klik “Konfirmasi

Lalu kalian akan melihat dashboard  ini:
Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019
Dashboard

Sekarang iklan yang teman-teman buat sedang dalam peninjuan. Tunggu hasil peninjauan kuarng lebih 24 jam.

Kalian bisa membaca data hasil iklan kalia di sini, yang artinya kalian sudah selesai membuat iklan facebook  kalian.

3. Kesimpulan

Oke setelah panjang lebar akhir nya selesai juga. Terimi kasih bagi teman teman yang sudah membaca sampai akhir. Jika masih ada yang bingung silahkan di tanyakan di kolom komentar.

Di artikel ini saya belum memberikan trik-trik yang spesifik karena akan menghambat proses belajar kalian jika di beri materi yang lebih spesifik lagi.

Lebih baik belajar secara keseluruhan dari proses pembuatan iklan terlebih dahulu, jadi ketika berikutnya ada materi yang lebih spesifik sudah punya dasar.

Oke, selamat mencoba teman-teman.

Baca Juga:
-Mengapa Instagram Cocok Untuk Bisnis Online?



0 Response to "Cara Membuat Iklan Facebook Lengkap 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel